Perbedaan Antara Domain Gratis Dan Berbayar

Perbedaan Antara Domain Gratis Dan Berbayar

 Perbedaan utama antara domain gratis dan berbayar adalah cara mendapatkannya dan biaya yang dibutuhkan.

1. Domain gratis: Beberapa layanan hosting web menawarkan domain gratis sebagai bagian dari paket hosting yang Anda beli. Namun, umumnya domain ini akan disertai dengan subdomain, seperti "nama-anda.hosting-gratis.com" atau "nama-anda.weebly.com". Hal ini tidak terlalu profesional, juga tidak dapat dijual atau dipindahtangankan.

2. Domain berbayar: Domain berbayar dapat dibeli dari registrar domain yang berbeda dengan biaya tahunan. Anda dapat membeli domain dengan ekstensi yang berbeda, seperti .com, .net, .org, dan lainnya. Anda juga dapat membeli domain dengan ekstensi khusus, seperti .co.id atau .com.my.

Dalam hal kontrol, jika anda menggunakan domain gratis, kontrol yang anda dapatkan akan terbatas dan anda akan tergantung pada layanan yang anda gunakan. Namun, jika Anda membeli domain berbayar, Anda akan memiliki kontrol penuh atas domain tersebut dan dapat mengarahkan domain ke web hosting yang berbeda atau mengubah informasi kontak sesuai kebutuhan Anda. Anda juga dapat menjual atau mentransfer domain jika Anda ingin.

Jika Anda serius dengan bisnis Anda atau ingin membuat website yang profesional, maka disarankan untuk membeli domain berbayar. Namun, jika Anda hanya ingin membuat website untuk tujuan pribadi atau hobi, Anda dapat menggunakan domain gratis.

Komentar